Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Pengamat Politik: Kabupaten Manggarai Barat Berlimpah Susu dan Madu

Jumat, 25 Februari 2022 | Februari 25, 2022 WIB Last Updated 2022-02-25T09:16:01Z
Pengamat Politik: Kabupaten Manggarai Barat Berlimpah Susu dan Madu

Pengamat Politik: Kabupaten Manggarai Barat Berlimpah Susu dan Madu (foto istimewah)



Pengamat politik, Silvester Joni mengungkapkan kabupaten Manggarai Barat berlimpah susu dan madu, Labuan Bajo, Jumat, (25/2/2022). 

"Wilayah Flores paling Barat ini ‘dianugerahi’ sumber daya alam yang sangat mengagumkan seperti keberadaan pelbagai obyek wisata yang tersebar di berbagai Kecamatan. Kita semua tahu bahwa pariwisata merupakan sektor primadona atau unggulan (leading sector) yang diharapkan bisa mendongkrak ‘nilai jual’ sektor-sektor lainnya di Kabupaten ini", kata Sil Joni.

Baca: Pariwisata yang Mengutamakan Masyarakat Lokal

Pengamat dan pemerhati masalah sosial dan politik itu menyampaikan sebetulnya Mabar tidak bergantung pada bidang pariwisata semata. Sumber daya perikanan (kelautan), pertanian (perkebunan), kehutanan, kebudayaan dan sebagainya, tidak kalah memesona dan menjanjikan dari aset kepariwisataan. 

Lebih lanjut, Joni mengatakan publik Mabar yang mayoritas berprofesi sebagai petani cukup beruntung, sebab ‘tanah’ kita sangat luas dan subur. Demikian pun wilayah bahari dan pantai kita, sangat kaya dengan pelbagai spesies yang bermutu dan bernilai jual tinggi. 

Namun faktanya, hemat pengamat asal Labuan Bajo itu, angka kemiskinan di Manggarai Barat, masih relatif tinggi. 

Baca: Kabupaten Manggarai Barat

"Miris. Kita ‘miskin’ di tengah melimpahnya stok kekayaan alam tersebut. Di satu sisi, kita bangga sebab ‘daerah ini’ begitu kaya. Tetapi, pada sisi yang lain, saya kira kita mesti ‘meratap’ dan berpikir serius mengapa virus kemiskinan masih menggerogoti tubuh kabupaten yang kaya raya ini", kata Silvester. 

Manggarai barat dikenal dengan kekayaan alam yang sangat indah tetapi yang memeras dan mengecap ‘susu dan madu’ dari wilayah tersebut, yakni ‘orang luar’ yang datang dengan motif ‘mengejar untung semata’. (eris/rfn)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengamat Politik: Kabupaten Manggarai Barat Berlimpah Susu dan Madu

Trending Now

Iklan