Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Kabupaten Manggarai Barat

Kamis, 24 Februari 2022 | Februari 24, 2022 WIB Last Updated 2022-02-24T06:54:39Z
Kabupaten Manggarai Barat
Sil Joni (foto istimewah)


Wilayah Manggarai Barat ini menjadi 'daerah otonom', tentu bukan hadiah atau pemberian gratis dari para elit di Jakarta. Bayi Mabar lahir dari sebuah perjuangan yang menguras peluh dan air mata para pejuang.

Seremoni peringatan kelahiran Kabupaten ini yang sekarang berusia 19 tahun, menjadi momentum untuk mengenang dan mengucapkan terima kasih kepada semua eksponen pejuang yang telah mengorbankan segalanya dalam membidani 'lahirnya bayi Mabar yang mungil dan jelita secara politik itu'.

Ada satu hal yang menjadi 'tanda tanya' dalam diri saya hingga detik ini. Apa itu? Soal 'nama' dari Kabupaten baru itu. 

Para pejuang itu, begitu setia 'mempertahankan' nama Manggarai dan ditambah dengan keterangan arah letak dari Kabupaten itu di wilayah Barat. Dengan demikian, namanya menjadi Manggarai Barat. Apa sebenarnya yang melatari mereka untuk tetap kompak menggunakan nama itu.

Padahal, kalau mau jujur, nama biawak Komodo jauh lebih 'tenar dan keren'. Komodo sudah menjadi objek wisata ikonik di wilayah itu. Jika mereka mau, nama Kabupaten Komodo mungkin menjadi salah satu opsi favorit.

Selain itu, jika mengacu pada letak geografis kepulauan, Kabupaten baru itu terletak persis di wilayah Flores paling Barat. Nama Flores jauh  relatif lebih 'terkenal' ketimbang Manggarai. Mengapa mereka tidak memperkenalkan nama Kabupaten Flores Barat seperti nama salah satu Kabupaten di ujung timur Nusa ini, Kabupaten Flores Timur?

Oleh: Sil Joni

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kabupaten Manggarai Barat

Trending Now

Iklan