Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Golkar NTT Umumkan Bakal Calon Kepala Daerah Untuk Pilkada 2024

Kamis, 20 Mei 2021 | Mei 20, 2021 WIB Last Updated 2022-02-22T13:18:41Z

 

Golkar NTT Umumkan Bakal Calon Kepala Daerah Untuk Pilkada 2024


Golkar NTT Umumkan Bakal Calon Kepala Daerah Untuk Pilkada 2024

 

KUPANG FLORESNEWS.NET: Meskipun jadwal Pilkada serentak masih jauh yakni tagun 2024 mendatang, namun Partai Golkar di provinsi NTT telah melakukan proses rekruitmen sejumlah tokoh untuk dipromosikan menjadi bakal  calon Bupati dan Wakil Bupati. Figur tokoh yang direkrut tersebut nantinya akan diajukan oleh partai Golkar pada pilkada serentak tahun 2024 mendatang.

 

Pengumuman nama-nama para calon Kepala Daerah di NTT dari Partai Golkar ini disampaikan dalam forum Rapat Pleno DPD Partai Golkar Propinsi NTT yang dipimpin Ketua DPD Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena, pada Rabu (19/5/2021) secara virtual. Hadir dalam Rapat tersebut adalah seluruh Ketua DPD Partai Golkar tingkat Kabuapten/Kota se provinsi NTT sejumlah wartawan.

 

Ketua DPD Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan, para bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serta bakal calon legislatif di NTT yang dijaring itu mewakili unsur pengurus Golkar, perempuan, kalangan milenial, tokoh masyarakat, pensiunan ASN, TNI/Polri yang dipandang memiliki kapasitas, kompetensi dan integritas untuk mewakili Golkar di lembaga eksekutif dan legislatif.

 

“Pilkada dan Pileg masih tiga tahun lagi, tetapi kita lakukan penjaringan lebih awal dengan tujuan agar para bakal calon yang dijaring itu bisa dan mulai mempersiapkan diri lebih cepat, dan bisa lebih dikenal masyarakat,” ujar Ketua Golkr NTT sekaligus Wakil Ketua Komisi IX DPR RI itu.

Untuk bakal calon kepala daerah (Bupati/Walikota) dijaring sebanyak 2 sampai 5 orang nama. Sedangkan untuk bakal calon Wakil Kepala Daerah dijaring sebanyak 2 sampai 15 orang nama. Sedangkan untuk para bakal calon legislatif untuk semua tingkatan dari kabupaten hingga pusat dijaring 200 persen dari jumlah kursi yang ada di setiap daerah pemilihan pada masing-masing tingkatan.

Ketua Bappilu Golkar Provinsi NTT, Drs. Frans Sarong saat memandu acara jumpa pers itu mengatakan, bahwa selama beberapa waktu terakhir ini, Partai Golkar melakukan penjaringan sebanyak 434 tokoh dari kalangan internal dan juga dari kalangan eksternal, termasuk dari tokoh partai politik lain.

“Dari penjaringan itu diperoleh bakal calon Gubernur sebanyak 5 orang sedangkan bakal calon Wakil Gubernur sebanyak 25 orang. Sehigga total  Balon Gubernur dan Wagub NTT sebanyak 30 orang. Sedangkan untuk Balon Bupati/Walikota totalnya 106 orang dan Balon Wakil Bupati dan Wakil Walikota sebanyak 298 orang. Keseluruhannya berjumlah 434 orang tokoh,”urai Frans Sarong.

Lebih lanjut mantan Wartawan Kompas ini menyatakan, bahwa nama-nama tokoh yang telah direkrut, akan tersaring lebih lannjut melalui tahapan khusus di internal partai Golkar termasuk survey.

“Mengapa Golkar begitu cepat melakukan perekrutan bakal calon? Karena menurut kami bahwa ketika nama para tokoh disebutkan hari ini, maka mereka akan mempunyai waktu yang cikup untuk sosialisasi diri di masyarakat publik. Dan mereka akan disurvey untuk mengukur elektabilitasnya, dan itu sangat ditentukan oleh upaya sosialisasi dari para figur itu sendiri,” kata Frans Sarong.

Untuk bakal calon Gubernur NTT yang diajukan oleh partai Golkar pada  pilkada tahun 2024 adalah sbb: Emanuel Melkiades Laka Lena (sekarang Ketua Golkar NTT dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI), Josef A. Nae Soi (sekarang Wakil Gubernur NTT), Dr. Inche D.P. Sayuna, SH, M.HUM., M.Kn (sekarang Sekretaris DPD Golkar NTT), Prof. Dr. Frans Umbu Data dan Drs. Ansgerius Takalapeta.

Untuk bakal calon Wakil Gubernur NTT antara lain: Sebastian Salang (mantan Direktur FORMAPPI dan sekarang Wakil Sekjen DPP Golkar), Herman Hayong, Hugo Kalembu, Libby Sinlaeloe, Mayjen (Purn) Jan Pieter Ate, Gabriel Manek, Andre Koreh, Paul Mella, Julianus Poteleba, Anwar Pua Geno, Restu Herdani Dupe, Ignasius Iryanto, Petrus Selestinus, Yance Sunur dan lainnya.

Untuk Kabupaten Manggarai Barat, Bakal Calon Bupati yang diajukan oleh partai Golkar pada pilkada tahun 2024 sebanyak 5 orang tokoh yakni; Rofinus Rahmat, ST (Ketua Golkar Mabar), Blasius Jeramun, Aloysius Min,S.Pd.MM, Dr. Bernadus Barat Daya, SH., MH dan Drs. Eliterius Sennen,M.Pd. Sedangkan untuk bakal calon Wakil Bupati ada 15 orang nama dengan latar belakang yang berbeda-beda. (fer/gea).

Editor: Silvester de Gea

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Golkar NTT Umumkan Bakal Calon Kepala Daerah Untuk Pilkada 2024

Trending Now

Iklan