Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Selamat Ulang Tahun Ke-51 PMKRI Ruteng

Kamis, 17 September 2020 | September 17, 2020 WIB Last Updated 2020-09-16T17:58:37Z

             Oleh : Edi Hardum *)

Ada dua pandangan soal manusia jadi manusia berkualitas. Pertama,pandagan yang mengatakan, manusia akan berkembang dan jadi berkualitas bisa membangun diri dan sesama kalau dia berada dalam organisasi. Tanpa berorganisasi manusia tidak lebih dari seekor hewan piaraan. Membeo, siap disuap, dan sebagainya. Pandangan ini lahir dari aliran totalitarianisme.

Kedua, pandangan yang mengatakan, manusia akan berkembang menjadi berkualitas kalau ia bebas, tidak terikat oleh siapa dan apa pun. Pandangan ini lahir dan berlaku dalam aliran liberitarianisme.

Dua pandangan itu masing-masing ekstrem. Oleh karena itu lahirlah pandangan ketiga (sintesa) yang mengatakan manusia berkembang menjadi berkualitas kalau dia berada organisasi, namun dalam organisasi itu ada ketentuan-ketentuan yang tidak membuat manusia terkekang semuanya, juga tidak membuat manusia bebas sebebas-bebasnya.

Karena bagaimana pun kondrat manusia adalah social animal, makluk sosial, bertumbuh dan berkembang karena saling ketergantungan satu sama lain.

Seorang manusia lahir dan tumbuh besar dalam masyarakat penjudi, maka manusia itu akan jadi penjudi. Manusia yang lahir dan besar pada masyarakat suka bekerja keras: bertani, berdagang dan sebagainya pasti akan menjadi petani unggul atau pedagang sukses.

Berdasarkan itulah maka di mana pun dunia ini manusia bertumbuh dan berkembangan dalam organisasi. Organisasi terbesar dan sempurna adalah negara.

Negara bertahan dan berkembang karena disokong oleh organisasi-organisasi di dalamnya : keluarga, RT dan RW, desa, organisasi kemasyarakatan, keagamaan dan sebagainya. Organisasi-organisasi ini tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang-undangan negara.

Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) adalah salah satu organisasi yang menyokong berdiri dan berkembangnya NKRI. PMKRI banyak melahirkan banyak pemikir dan pemimpin bangsa dan negara Indonesia.

PMKRI adalah juga organisasi yang selalu memberikan kritikan konstruktif untuk masyarakat dan pemerintah di negeri ini.
Hari ini, Senin, 14 September 2020, PMKRI Cabang Ruteng, melayakan HUT ke-51.

Untuk itu saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Tahun. Teruslah berjuang membangun diri, masyarakat, bangsa dan negara. Berada dalam organisasi berarti harus mengisi diri dengan membaca, banyak mendengar, berdiskusi dan berani menyuarakan kebenaran ! “Didiklah masyarakat dengan berorganisasi, dan didiklah penguasa dengan perlawanan,” demikian wejangan sastrawan Indonesia yang belum ada tandingannya, Pramudya Ananta Toer.

Penguasa dalam hal ini adalah penguasa yang lalim, korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Perlawanan artinya memberikan kritikan yang konstruktif. Sekali lagi Selamat Ulang Tahun ke-51 PMKRI Ruteng.

*) Penulis, Edi Hardum, seorang Praktisi Hukum, tinggal di Jakarta
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Selamat Ulang Tahun Ke-51 PMKRI Ruteng

Trending Now

Iklan