Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Pesona & Prestasi SMP Negeri 2 Mbeliling

Sabtu, 20 Juni 2020 | Juni 20, 2020 WIB Last Updated 2020-06-23T00:57:30Z

SMP Negeri 2 Mbeliling. Foto : Istimewa

FLORESNEWS.net-MBELILING -
Pada 3 Agustus 2020 mendatang, usia SMPN 2 Mbeliling tepat satu dasawarsa (10 tahun). Animo masyarakat menyekolahkan anaknya di SMP Negeri 2 Mbeliling mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. SMP Negeri 2 Mbeliling dilengkapi dengan jaringan listrik dan wi-fi.

Pesona SMPN 2 Mbeliling

Sekolah ini terletak di jalan Trans Flores, KM 31 dari Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat, tepatnya di Roe, Desa Cunca Lolos, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Mabar, Nusa Tenggara Timur.

Beridentitas SMP Negeri 2 Mbeliling karena sekolah ini berdiri anggun di kawasan bentang alam pegunungan Mbeliling, salah satu destinasi ekowisata menakjubkan di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Di alam sekitarnya, terbentang pula ratusan destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Beberapa di antaranya, puncak Eltari, kawasan hutan lindung Puarlolo sebagai habitat burung endemik Flores, Air Terjun Cunca Lolos, Cunca Rami, Cunca Wulang, Cunca Plias, Cunca Ri'i, Cunca Meleng, Puncak Bone Nggong, Puncak Toto Ninu, Perkampungan adat Rangat, Puncak Mbeiling dan akses menuju Danau Sano Nggoang.

Kawasan Puncak ini diselimuti kabut hampir tiap hari. Hawa sejuk dan panorama alamnya wow...

Siswa-siswi SMP Negeri 2 Mbeliling dalam balutan Pramuka. Foto : Istimewa 

Yohanes DB.Pampung, salah seorang Guru Bahasa Inggris di sekolah itu menjelaskan, topografi SMP Negeri 2 Mbeliling yang strategis itu, menjadikan kegiatan ekowisata sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut.

"Kegiatan ekstrakurikuler ekowisata yang dijalankan di SMP Negeri 2 Mbeliling bertujuan untuk memupuk bakat dan minat siswa mahir berbajasa Inggria. Mengakrabi seni dan budaya melalui muatan lokal (mulok)", terang Jhony Pampung.

Ia jelaskan, destinasi wisata yang berada di bentang Alam Mbeliling menjadi daya tarik wisatawan asing. Sebelum pandemi corona, kawasan itu diserbu wisatawan mancanegara dan domestik.
Telah digarap sejak lama, SMP Negeri 2 Mbeliling menjadi salah satu pusat informasi tentang obyek-obyek wisata tersebut. Hal ini menjadi motivasi bagi peserta didik untuk terus belajar, berbudaya dan melestarikan alam semitarnya.

Torehan prestasi

Dalam dokumen sejarah SMP Negeri 2 Mbeliling disebutkan jumlah murid angkatan perdana hanya 18 orang. Namun terus bertambah dari bulan ke bulan dan angkatan pertama berjumlah 28 orang. Sedangkan
jumlah guru pada awal masuk sekolah hanya empat orang, dibantu fasilitas gedung dari SDK Roe dan prasrana lainnya dari SDK Wae Masa.

Namun dalam 10 tahun usianya, SMP Negeri 2 Mbeliling telah menamatkan total alumni 392 orang dengan rincian angkatan pertama 28 orang, angkatan kedua 40 orang, angkatan ketiga 46 orang, angkatan keempat 45 orang, angkatan kelima 55 orang, angkatan keenam 58 orang, angkatan ketujuh 53 orang dan angkatan kedelapan 67 orang.

Siswa-siswi  "Laskar Puncak" SMP Negeri 2 Mbeliling. Foto : Istimewa 

Jumlah siswa Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 280 orang. Seluruh siswanya berasal dari bebarapa kampung dan Desa pendukung, Desa Cunca Lolos, Desa Wae Lolos, Desa Golo Damu dan Desa Tondong Belang. Total Guru dan tenaga kependidikan berjumlah 20 orang. Jumlah Guru PNS 7 orang, Kontrak Daerah 3 orang dan 10 orangnya guru Komite.

Dalam era kepemimpinan Bapak Fransiskus Ndejeng Kepala SMP Negeri 2 Mbeliling (2010-2016) seabrek prestasi telah diraih, baik prestasi akademik maupun non akademik. Tahun 2014, SMP Negeri 2 Mbeliling terakreditasi dengan nilai B melalui SK Akreditasi dengan nomor: 77/ SK/ BAPS/MNTT/XII/2014 pada tanggal 19 Desember 2014.

Selanjutnya, tahun 2017 roda kepemimpinan SMPN 2 Mbeliling dimotori Paulinus Rodi, S.Pd. Di era kepemimpinannya, aneka catatan prestasi menghampiri sekolah yang berjuluk "Laskar Puncak Mbeliling". Segudang prestasi itu yang tercatat sejak 2016-2020 antara lain ;

Juara I OSN IPA Tingkat Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2016. Juara 5 OSN IPA Tingkat Provinsi NTT Tahun 2016. Juara I Lomba Baca Kitab Suci Tingkat Paroki Rekas Tahun 2017-2018. Juara I Lomba Menyanyikan Mazmur Tingkat Paroki Rekas Tahun 2017-2018.

Juara I Bola Kaki Pada Turnamen 17 Agustus Tahun 2017. Juara I Atletik Puteri Tingkat Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2018

Menjadi duta OSN Matematika pada tingkat Nasional (Tahun 2019), Duta O2SN Cabang Atletik Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (Tahun 2019).
Juara I OSN Matematika Tingkat Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2019. Juara I Atletik Putra Tingkat Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2019. Juara Umum O2SN Tingkat Kecamatan Mbeliling Tahun 2017-2019

10 orang Peserta Didik yang lolos Bantuan Pemerintah Program ADEM (Program Afirmasi Pendidikan Menengah).

10 orang Peserta Didik yang lolos Testing Seminari St.Yohanes Paulus II Lavuan Bajo Paul II serta piagam penghargaan lainnya.
Sukacita Siswa-siswi Pramuka SMP Negeri 2 Mbeliling di halaman sekolah. Foto : Istimewa 

Visi & Misi

“Terwujudnya sekolah yang berakhlak mulia, kompetitif dan unggul secara akademik dan non akademik”. Untuk mewujudkan visi tersebut, SMP Negeri 2 Mbeliling menetapkan misi sebagai berikut ;

1. Menumbuhkembangkan sikap ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
2. Menumbuhkembangkan nilai kejujuran,
3. Menumbuhkembangkan sikap disiplin,
4. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif dan daya saing yang sehat kepada seluruh warga sekolah baik prestasi akademik maupun non akademik,
5. Menumbuhkan semangat belajar yang tinggi,
6. Mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang sains,
7. Mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang olahraga,
8. Menanamkan nilai kecintaan terhadap seni dan budaya daerah dan nasional,
9. Menata lingkungan sekolah yang ramah anak, bersih, sehat, aman dan indah,
10. Menerapkan Manajemen Berbasisi Sekolah sesuai Standar Nasional Pendidikan (partisipatif, akuntabel, transparansi, efisien dan efektif),
11. Membangun hubungan yang harmonis dengan semua pihak.

Pada 3 Aguatus 2020 mendatang, usia SMPN 2 Mbeliling tepat satu dasawarsa (10 tahun). Animo masyarakat menyekolahkan anaknya di SMPN 2 Mbeliling mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Menyadari trend positif ini tentu harus dibarengi dengan meningkat pula kebutuhan sarana dan prasarana penunjang, seperti buku-buku referensi, fasilitas air minum bersih, sarana sanggar budaya, olahraga, dan lain sebagainya.
"Selain itu kami juga membutuhkan fasilitas komputer. Sampai saat ini sekolah hanya mengandalkan 3 buah komputer sekolah", kata Johny Pampung.

Apel Bendera dalam nuansa budaya Manggarai. Foto : Istimewa 

Napak tilas SMPN 2 Mbeliling Berdiri

SMPN 2 Mbeliling dengan seabrek prestasi yang direngkuh
tidak muncul serta merta tanpa sebab dan proses menjadi ada. Ada banyak aktor yang secara fisik mungkin tidak tampak tetapi memiliki andil yang luar biasa. Dukungan total masyarakat setempat juga merupakan aktor di balik itu semua.

SMP Negeri Mbeliling berdiri tanggal 3 Agustus 2010 berdasarkan SK Pendirian Operasional Sekolah Nomor : 133/ KEP/ HK/ 2010 tanggal 3 Agustus 2010. Selama 1,5 tahun KBM dilaksanakan di gedung SDK Roe karena SMPN 2 Mbeliling belum ada gedung semolah.

Adalah Adrianus Durhaman, M.M. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat membuka resmi pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SMP Negeri 2 Mbeliling pada 26 Juli 2010. Sayangnya beberapa tahun kemudian, Kadis PKO Kabupaten Mabar itu wafat. Namun, nama dan jasa almarhum terpahat dengan dawat kencana di SMP tersebut.

"Kadis PKO Mabar, Bapak Adrianus Durhaman, M.M membuka secara resmi KBM saat itu. Namun, beberapa tahun kemudian, beliau meninggal dunia. Kami sangat berdukacita ketika itu", kenang Drs.Fransiskus Ndejeng, mantan Kepala SMPN 2 Mbeliling pertama (2010-2016).

Siswa-siswi SMP Negeri 2 Mbeliling  saat berolahraga. Foto : Istimewa 

Frans Ndejemg mengisahkan, awalnya nama sekolah itu SMP Negeri 3 Sano Nggoang. Sebabnya, Kecamatan Mbeliling belum mekar saat itu. Tahun 2011, Kecamatan Sano Nggoang dimekarkan. SMP Negeri 3 Sano Nggoang itu masuk dalam wilayah administraai Kecamatan Mbeliling. Sejak Mbeliling menjadi Kecamatan otonom, nama SMP itu menjadi SMP Negeri 2 Mbeliling.

Johny Pampung, salah seorang Guru SMPN 2 Mbeliling yang mendokumentasi tapak-tapak sejarah berdirinya sekolah itu mengatakan almarhum Bapak Adrianus Durhaman tidak hanya menjembatani aspirasi masyarakat tetapi juga sebagai dian yang membawa terang bagi masyarakat setempat.

"Pada 26 Juli 2010 di hadapan para tokoh pendiri, tokoh peduli pendidikan, tokoh masyarakat, Bapak Adrianus menegaskan semangat pantang menyerah dan berjuang agar sekolah ini menjadi sekolah unggul", kenang Guru Yohanes DB.Pampung.

Ia menambahkan, selain almarhum, ada sejumlah nama beken yang ada di balik gedung SMPN 2 Mbeliling yang berdiri anggun sekarang ini. Tersebutlah nama Ferdinand Hamin (Ketua Panitia Pendri sekaligus Kepala Desa Cunca Lolos), Bapak Fransiskus Ndejeng (Kepala SMPN 2 Mbeliling yang pertama), Fransiakus Aman (Kepala Desa Cunca Lolos) Para tokoh adat dan tokoh masyarakat Kampung Roe, Desa Cunca Lolos, tokoh peduli pendidikan wilayah Desa Golo Damu, Desa Wae Lolos, Desa Golo Desat, Desa Tondong Belang, Desa Liang Ndara.

"Ada banyak pihak dengan perannya masing-masing mesti digoreskan dafi waktu ke waktu. Para pihak itu turut mengambil bagian dalam kesuksesan mendirikan sekolah ini", tulis Johny Pampung dalam catatannya setahun lalu.

(Robert Perkasa)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pesona & Prestasi SMP Negeri 2 Mbeliling

Trending Now

Iklan